Home / Galeri Foto

Senin, 11 September 2023 - 13:55 WIB

Komitmen “Jaga Zapin”, Bupati HM Wardan Bersama Kajari Inhil Tandatangani MoU Di Depan Gubernur Dan Kajati Riau

INDRAGIRI HILIR,- Komitmen Jaga Zona Pertanian, Perekonomian dan Industri (JAGA ZAPIN) dalam upaya mengatasi permasalah sektor sawit di Provinsi Riau, Bupati Inhil HM WARDAN bersama Kajari Indragiri Hilir Nova Puspitasari menandatangani MoU Kesepakatan bersama, Senin (11/09/2023).

Kesepakatan bersama ini juga dilakukan oleh Bupati Walikota bersama Kajari Se-Provinsi Riau dan langsung disaksikan oleh Gubernur Riau H.Syamsuar dan Kajati Riau yang dilaksanakan pada aula gedung pertemuan Kantor Kajati Riau Pekanbaru.

Jaga Zapin bertujuan mengawal proses penetapan harga TBS oleh tim harga oleh Kejati Riau sudah berjalan sejak September 2022 lalu. Namun implementasi di lapangan harus diawasi dan dievaluasi karena sesungguhnya pabrik dan kebun sawit berada di kabupaten/kota.

Program Jaga Zapin lebih diperluas bukan hanya terkait hulu-hilir sawit. Sebab Jaga Zapin adalah jaga zona pertanian perekonomian dan industri, yang merupakan upaya menjaga kestabilan dan ketahan ekonomi riau.

“Salah satu  fokus Jaga Zapin ini   mengatasi permasalahan di sektor perkebunan sawit di Riau, terkhusus hubungan sektor hulu-hilir sawit yang cenderung merugikan sektor hulu (harga TBS petani). Karena banyak ditemukan pabrik kelapa sawit  semena-mena dalam menetapkan harga TBS  petani, jauh dibawah harga penetapan Disbun Riau,” jelas Asbin Kajati Riau ini.

Sebagai informasi, pihak Kejati Riau telah memetakan persoalan sawit di Bumi Lancang Kuning yaitu lemahnya posisi tawar dan posisi hukum petani sawit dalam mendapatkan keadilan harga TBS.

Gebrakan pengawalan dan pengawasan  penetapan harga TBS petani di Disbun Riau setiap minggunya merupakan awal lahirnya program Jaga Zapin ini.

Karena itulah dilakukan MoU antara Kejari dengan Bupati/walikota se-Riau sehingga implementasi Jaga Zapin dapat dilakukan oleh Kejari dengan bupati/walikota se riau di daerah masing-masing.

Sementara itu Bupati Inhil HM WARDAN menyambut baik adanya penandatanganan MoU tersebut.

“Semoga dengan adanya penandatanganan kesepakatan bersama ini dapat menjaga kestabilan dan ketahanan ekonomi sehingga dapat mensejahterakan para petani,” Pungkasnya.

Bupati Inhil HM WARDAN bersama Kajari Indragiri Hilir Nova Puspitasari hadir pada FGD “Jaga Zapin”.

 

Bupati Inhil HM WARDAN bersama Kajari Indragiri Hilir Nova Puspitasari duduk satu meja berserta tiga orang lainnya dari eksekutif dan pihak kejaksaan pada FGD “Jaga Zapin”.

 

Bupati Inhil HM WARDAN bersama Kajari Indragiri Hilir Nova Puspitasari terlihat sedang membaca sebelum melakukan penandatanganan MoU Kesepakatan bersama.

 

Bupati Inhil HM WARDAN menandatangani MoU Kesepakatan bersama.

 

 

Bupati Inhil HM WARDAN menyaksikan Kajari Indragiri Hilir Nova Puspitasari menandatangani MoU Kesepakatan bersama.

 

Bupati Inhil HM WARDAN bersama Kajari Indragiri Hilir Nova Puspitasari ikut berfoto bersama dengan peserta FGD “Jaga Zapin”.

 

Sembari memegang plakat, Bupati Inhil HM WARDAN bersama Kajari Indragiri Hilir Nova Puspitasari setelah menandatangani MoU Kesepakatan bersama, melakukan poto bersama.

Share :

Baca Juga

Galeri Foto

Bupati Inhil Menghadiri Rapat Paripurna Ke – 16 Masa Persidangan III Th. Sidang 2023 DPRD Kab. Inhil

Galeri Foto

Bupati Inhil Ikuti Sholat Ghaib dan Aksi Solidaritas Untuk Palestina Kemenag Inhil

Galeri Foto

Bupati H Muhammad Wardan Resmikan Pembangunan Kantor PC Muslimat NU Inhil

Galeri Foto

Berjalan Sukses dan Lancar, Bupati Wardan Resmi Tutup Turnamen Sepakbola Tekulai Bugis Cup

Galeri Foto

Kirim 111 Kafilah Diajang MTQ Ke-41 Tingkat Provinsi Riau, Bupati Inhil HM Wardan Harapkan Dapat Harumkan Nama Daerah

Galeri Foto

Bupati HM Wardan Bersama KPU Inhil Tandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pendanaan Pilkada 2024

Galeri Foto

Sukses Lakukan Percepatan Pembangunan Desa, Bupati Inhil HM Wardan Terima Lencana Bhakti Desa Pertama

Galeri Foto

Kejati Riau Di Nahkodai Putra Daerah, Bupati Inhil HM Wardan Harapkan Pengawasan Pembangunan Berjalan Lebih Maksimal