Home / INHIL / PEMUDA / POLITIK

Rabu, 13 Desember 2023 - 19:38 WIB

Pemuda-Mahasiswa Kateman “Gempur” Caleg Di Gelanggang Dialog

Arsipinhil.com – Forum Pemuda & Mahasiswa Kateman (FPMK) taja kegiatan Dialog Kedaerahan dengan Tema: “Dengan Dialog Menuju Perubahan Kateman“. Pada, Sabtu (9 Desember 2023).

Kegiatan dialog hasil buah fikir pemuda dan mahasiswa Kateman itu berlangsung sejak pukul 19.30 hingga 23.30 WIB di Aula Manggala Sungai Guntung.

Antusiasme masyarakat terlihat jelas pada dialog tersebut, khususnya bagi pemuda dan mahasiswa. Narasumber serta audience berjumlah kurang lebih 200 orang memadati lokasi kegiatan.

Selain pemuda dan mahasiswa, terlihat pula tokoh-tokoh yang hadir, seperti Ketua Paguyuban se-Kcamatan Kateman, tokoh dikalangan generasi milenial dan generasi Z.

Dan para narasumber yang terdiri dari 14 Calon Legislatif (Caleg) Kabupaten Dapil 4, dan 6 Caleg Provinsi dapil 7 yang akan di gempur dengan pertanyaan, juga turut dihadirkan oleh panitia.

Dialog yang diniatkan demi perubahan itu dibuka secara serentak bersama-sama oleh Seluruh Panitia Pelaksana serta disaksikan oleh seluruh pengunjung, baik narasumber, pemuda, mahasiswa, dan tamu undangan.

Ahmad Romadan, S.IP, selaku Ketua Panitia Pelaksana menjelaskan bahwa dialog perubahan merupakan upaya meningkatkan partisipasi publik dalam pemilu mendatang dengan pendekatan edukatif dibidang politik.

Untuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat agar meningkatnya partisipasi politik di kateman pada pemilu 2024,” ucap Romadan.

Romadan juga menjelaskan bahwa pentingnya mengenal politisi asal yang akan masuk ke gelanggang pertempuran (pemilu) serta konsep perubahan yang dibawa para calon demi kepentingan masyarakat.

Untuk mengetahui ide dan gagasan setiap calon-calon aktor-aktor politik yang akan mewakili masyarakat kateman baik di tingkat kabupaten maupun provinsi, serta membedah pemahaman aktor-aktor politik tentang tugas dan fungsinya sebagai wakil rakyat nantinya“, sambung Romadan saat menjelaskan tujuan dialog.

Dialog dimulai dengan penyampaian ide dan gagasan caleg selaku narasumber. Ide dan gagasan seputar isu-isu prioritas yang ada di Kateman, terdiri dari infrastuktur, permasalahan sampah, air bersih, stunting, pasar rakyat dan sarana-prasarana pendidikan.

Dialog interaktif terjadi antara narasumber dengan peserta dialog yang dipandu oleh moderator yang meneruskan pertanyaan peserta.

Pembahasan mengenai penyelesaian masalah-masalah yang ada di Kateman berlangsung hangat, karena langsung dibedah hubungan rencana penyelesaian masalah dan 3 fungsi legislatif, yakni Legislasi, Budgeting, dan pengawasan (controling).

Saat dikonfirmasi mengenai dialog yang hanya disampaikan melalui moderator, panitia menjelaskan tidak ada sesi pertanyaan langsung dari peserta atau undangan, karena panitia berpandangan posisi narasumber pada saat ini masih dalam tahap pencalonan sehingga apabila ada pertanyaan yg bersifat teknis mereka belum pada kapasitas memutuskan atau mengambil kebijakan terkait permasalahan yang ditanyakan.

Dan setelah agenda dialog perubahan ini FPMK akan mengadakan dialog kedaerahan kembali untuk menagih janji-janji para narasumber dan akan diadakan pertanyaan dari peserta secara terbuka,” jelas Romadan.

Di akhir agenda dialog, Para Aktor politik diminta untuk menandatangani MOU dengan poin utama bahwa apabila caleg diberikan amanah oleh rakyat, maka caleg harus siap menyuarakan dan memfasilitasi kepentingan masyarakat Kateman.

Share :

Baca Juga

gmni inhil

INHIL

Desak Pj Bupati, GMNI ‘Seruduk’ Kantor Bupati Inhil

Hukum

Seorang Pria Pengedar Sabu Berhasil Diamankan Polsek Kemuning

INHIL

GKRM Layangkan Surat Ke PJ Bupati Terkait PERDA RTRW INHIL

INHIL

Polres Indragiri Hilir Pantau Arus Balik Lebaran di Pelabuhan

INHIL

Tabrakan Speedboat di Mandah Inhil, Satu Orang Dikabarkan Hilang

INHIL

Kapolres Inhil Cek Pos Pam Operasi Ketupat Lancang Kuning

INHIL

Kapolres Inhil Monitoring Arus Mudik Jalur Perairan

INHIL

Dua Penumpang Kijang Innova Meninggal Dunia Akibat Kecalakan Dikecamatan Tempuling.